Posted by: Jurusan Manajemen | October 10, 2009

Seminar WCU

Jumat, 9 Oktober 2009. Jurusan manajemen menggelar Seminar Word Class University di R. Kihajar, FISE UNY. Dengan mengudang Dr. BM Purwanto, MBA dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, seminar dimulai jam 14.30 WIB.

unyDihadiri oleh jurusan akutansi, dan jajaran dekanat serta administrasi, acara yang dibuka Dekan FISE Bp. Sardiman AM, M.Pd. Beliau mengharapkan, dengan kemungkinan masih adanya kegamanangan munculnya FE di lingkungan FISE UNY pada khususnya sekaligus adanya tuntutan untuk mengakselerasi menjadi WCU, tidak akan menyurutkan semangat civitas calon FE untuk mewujudkannya. FE yang muncul di lingkungan perguruan tinggi eks IKIP sudah bisa membuktikan tidak hanya bisa eksis, namun mampu bersaing dengan FE dari universitas lainnya. Besar harapan munculnya FE di UNY ini, mampu untuk menguatkan branded UNY di kancah nasional pada khususnya. Program WCU yang sudah di canangkan universitas, telah disadari bahwa hal ini membutuhkan keseriusan dan kerja keras  untuk mewujudkannya.

Pak BM menjelaskan tidak harus kita langsung berorientasi pada “WCU”, karena UGM sendiri masih di level excelent university. Internationalization of education menurut pak BM lebih tepat kita gunakan untuk menuju Universitas kelas dunia. Level universitas tertinggi dikenal sebagai global university, seperti harvard University, Chicago University dan universitas kelas global lainnya. Kemudian level berikutnya adalah Top University,  excelent university, good university dan local preference university.

Tuntutan menjadi universitas kelas dunia tidak hanya sekedar membuka kelas berbasis bahasa Inggris, namun perubahan mendasar perlu di lakukan. Paling tidak ada tiga hal fokus perubahan yang harus dilakukan, yaitu kejujuran, kedisiplinan dan kerja keras. Menjadi universitas kelas dunia dapat dilihat dari kesiapan untuk membuka diri (oppeness), acceptablitity (tingkat penerimaan) dan Resources mobility. Oleh karena itu setiap dosen harus siap untuk bisa membuka diri, bisa di terima di tingkat internasional, dan mampu melakukan mobilitas diri di tingkat internasional.

Disinggung dengan prestasi UNS, pak BM mengungkapkan bahwa UNS pada jalan yang benar. Yaitu menfokuskan diri pada riset. Oleh karena itu semua output dan proses yang digunakan dalam penigkatan kualitas pengajaran serta modal sebagai konsultan, berawal dari proses dan hasil riset. Dua penilaian inti dari kualitas WCU adalah international publication dan citation indext. Dosen di pacu untuk produktif di dua sisi ini. Kekhawatiran dengan kekuatan dana yang dimiliki, pak BM justru mengatakan bahwa yang paling penting untuk meraih prestasi adalah adanya mimpi dan kepemimpinan yang kuat. Dengan dua modal ini, diharapkan proses menuju WCU bukanlah hal yang mustahil. Mengingat perjuangan UGM pada khususnya dari awal tahun 2000-an untuk mencapai WCU, juga memiliki keterbatasan dana, namun kerja keras mereka telah menunjukkan hasilnya. Sebagai pemicu riset para dosennya, FEB UGM telah memberikan pengharggan 15 juta rupiah bagi dosen yang menembus publikasi di 3rd tiers international journal, 20 juta untuk 2nd tiers international journal dan 30 juta untuk 1st tiers international journal.

Diskusi berlangsung sangat dinamis. Berbagai pertanyaan diungkapkan oleh para peserta seperti Dr. Moerdiyanto, M.Pd; Bu Lies Endarwati, M.Si dan Bu Endah, MSi Ketua Jurusan Akutansi. Bahkan Bu Endah mengharapkan diskusi-diskusi produktif terkait mengantisipasi tuntutan kualifikasi WCU perlu digelar oleh 2 jurusan Manajemen dan akutansi, dengan lebih masif dan terstruktur. Hal ini di respon jajaran jurusan manajemen dengan sangat positif dan diharapkan bisa segera di tindaklanjuti. Di akhir sesi, dengan semangat yang tinggi, FE UNY yang hingga saat ini masih terbatas dana yang dimiliki serta belum punya gedung sendiri, namun telah memiliki lulusan yang cukup banyak, diharapkan menjadi modal yang lebih baik daripada FEB UGM ketika mengawali WCU.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: