Posted by: Jurusan Manajemen | October 2, 2009

Bantuan gempa sumatra barat

Liputan6.com, Yogyakarta: Pihak Rektorat Universitas Gajah Mada, Yogayakarta, belum lama ini mengeluarkan kebijakan bagi mahasiswa asal Padang, Sumatra Barat, yang keluarganya menjadi korban gempa bumi. Yaitu, bagi mahasiswa yang kesulitan membayar biaya kuliah, pihak kampus akan membebaskan semua biaya kuliah. Sementara bagi mahasiswa yang kehilangan orang tua, pihak kampus juga akan mencarikan orang tua asuh agar mahasiswa tetap bisa menyelesaikan kuliahnya. Selain itu, dalam waktu dekat Kampus UGM juga akan mendirikan posko di lokasi bencana dan mengirimkan sejumlah mahasiswa kedokteran dan psikologi untuk memberi pelayanan kesehatan dan konseling kepada para korban gempa.

Sementara sejumlah mahasiswa yang tergabung di Formmit di bumi Formosa, lebih dari 10 mahasiswa Nasional Chiayi University melakukan penggalangan dana. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun solidaritas masyarakat Taiwan terhadap tragedi di Sumatra barat.

Tidak ketinggalan Civitas Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi, secara spontan dalam acara syawalan 1430H yang di selenggarakan Sabtu 3 Oktober 2009, berhasil menghimpun dana sebesar Rp. 3.785.000,- yang akan dikirim untuk membantu korban gempa Sumatra Barat. Terkait dengan UNY PEDULI GEMPA, Sutrisna Wibawa, Pembantu Rektor II, menjelaskan bahwa UNY telah mengambil langkah-langkah untuk mengambil peran dalam membantu korban gempa dan telah mengedarkan surat Edaran Rektor yang menghimbau keluarga besar UNY untuk mengumpulkan dana guna membantu korban gempa yang akan disalurkan langsung kepada korban gempa melalui kerja sama dengan Universitas Negeri Padang ataupun Universitas Andalas.UNY juga telah menyiapkan relawan yang dikoordinikasi oleh Bapak Pembantu Rektor III untuk mengambil peran dalam membantu korbana gempa. Serta UNY akan membantu SPP kepada mahasiswa yang terkena korban gempa. Himbauan kepada Civitas Akademika UNY untuk ikut berpartisipasi membantu korban gempa dengan mengumpulkan dana/bantuan yang dikumpulkan melalui fakultas/unit masing-masing atau langsung ke Biro Administrasi Umum.
Diingaatkan oleh Dr. H. Moerdiyanto, M.Pd bahwa salah satu hikmah syawalan adalah meningkatnya empati seorang muslim pada masyarakat sebagai perwujudan kesholehan Sosial, sebagaimana di ingatkan pada syawalan HIMA Manajemen sehari sebelumnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: