Posted by: Jurusan Manajemen | August 24, 2009

Program Percepatan Penulisan Tugas Akhir

Bertempat di Gedung G FISE Barat, Jurusan Manajemen mengelar Program Percepatan Penyelesaian Tugas Akhir pada 28 Mei 2009 pukul 08.00-15.00. Kegiatan Percepatan Penulisan Tugas Akhir berbentuk seminar sehari yang menghadirkan dosen-dosen Jurusan Manajemen sebagai pembicara utama yaitu Nurhadi, MM, Winarno, M.Si, dan Moerdiyanto, M.Pd. Tak kurang dari 50 mahasiswa semester akhir antusias mengikuti kegiatan ini.

Menurut Lina Nur Hidayati, MM (biasanya di sapa Bu Lina), ketua panitia, program ini ditujukan untuk mengidentifikasi jumlah mahasiswa yang sudah waktunya menyusun tugas akhir dan memberikan pembekalan dan bimbingan penulisan proposal tugas akhir. Pada program ini, panitia menyiapkan materi Tata tulis Tugas Akhir, Riset Keuangan dan Riset Keuangan. Melalui program ini diharapkan mahasiswa mampu menemukan topik penelitian yang mutakhir di bidang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Selain itu, materi tata tulis disampaikan untuk mengeliminasi kesalahan tata tulis dalam menulis skripsi.

Dalam pemaparannya di kelas, Winarno, M.Si (Pak Win) menyampaikan bahwa mahasiswa dapat mencari ide judul skripsi melalui jurnal, data yang tersedia, materi yang disukai dan masalah di lapangan. Pak Win tidak menyarankan mahasiswa mencari ide skripsi melalui judul skripsi karena sudah tidak mutakhir. Sedangkan Pak Moerdiyanto menyebutkan bahwa kemampuan menyusun metode, instrumen  dan mengumpulkan data juga sebaiknya dijadikan pertimbangan dalam memilih tema penelitian. Sepanjang seminar, kedua dosen manajemen tersebut memberikan beberapa tema penelitian yang mutakhir. Bu Lina menjelaskan, ”kemutakhiran tema penelitian adalah hal yang penting karena tidak ada gunanya membuat penelitian yang sudah banyak dikerjakan oleh orang lain. Karena tanpa menelitinya pun kita sudah tahu hasil penelitian yang akan dikerjakan,” tandasnya.

Program ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dari mahasiswa karena mahasiswa selama ini merasa kurang mendapatkan materi yang spesifik mengenai penyusunan skripsi.  Buku panduan penulisan skripsi yang selama ini digunakan dianggap kurang mengikuti perkembangan. Mereka berharap program ini dapat mempercepat waktu penyusunan skripsi. Harapan mahasiswa ini sejalan dengan tujuan Jurusan Manajemen yang ingin mempercepat masa penyusunan skripsi dari 1 tahun menjadi 9 bulan.


Responses

  1. Semangat2….goodluck buat yg msh nyusun TA


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: