Posted by: Jurusan Manajemen | November 30, 2011

workshop ekonomi Islam

Banjarmasin, 30 November 2011. Workshop Nasional Kedua Kurikulum Ekonomi Islam, Manajemen Islam dan Akuntansi Syariah di Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin adalah kelanjutan dari Workshop Nasional Pertama 7-8 Mei 2010 di Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang menghasilkan Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (FORDEBI).
Agenda utama yang dilaksanakan adalah menyusun program FORDEBI seperti mengembangkan buku-buku daras dan riset-riset bersama di bidang Ekonomi Islam, Manajemen Islam dan Akuntansi Syariah, dan diseminasi dan aktualisasi akademisi maupun Perguruan Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai alternatif maupun menjadi bagian utama keilmuan Ekonomi, serta seminar internasional dengan tema “Sustainability Perspective on Islamic Economics and Business”.


Dalam rangka mengisi kebutuhan SDM yang sesuai dengan insustri lembaga keuangan syariah yang semakin besar, hari pertama seminar kurikumum di awali oleh presentasi Dr. Makhlani, M.Sc (IDB Field Representative Indonesia), Prof. Dr. Suroso Imam Zadjuli (Universitas Airlangga) dan Prof. Dr. Iwan Triyuwono, SE, M.Ec (Universitas Brawijaya) yang masing-masing berbicara tentang peluang ekonomi Islam sejalan keruntuhan ekonomi kapitalis, paradigma studi ekonomi Islam, dan peran spiritual pada kurikulum akutansi. Dilanjutkan dengan workshop yang berhasil menghasilkan draft  kurikulum untuk prodi ekonomi Islam yang terdiri dari konsentrasi akutansi syariah, ekonomi Islam dan manajemen Islam. Diskusi yang sempat berkembang terkait dengan kebutuhan pengadaan prodi ekonomi Islam, UII yang telah menyelenggarakan di fakultas Agama Islam ternyata ada tuntutan untuk berada di bawah FE.  Demikian juga fenomena di universitas brawijaya dan universitas airlangga. Oleh karena itu workshop yang diwakili oleh Arif Wibowo, SE dan Setyabudi Indartono dari UNY ini diharapkan bisa menjadi pengayaan informasi bagi FE UNY yang akan mendirikan program serupa.

Seminar internasional yang diawali dengan keynote speakers Dr. Syafii Antonio, Mustafa E. Nasution, Ph.D (Universitas Indonesia), dan Farooq Haq, Ph.D (Charles Darwin University) dilanjutkan dengan prensentasi call for paper yang diikuti oleh diskusi 26 paper bidang ekonomi, akutansi, dan manajemen dan bisnis Islam. Berbagai tema didiskusikan baik fenomena teoritis terkait dengan konsepsi ekonomi Islam hingga berbagai fenomena penerapan system syariah di bidang akutansi, ekonomi dan manajemen.

Diharapkan FORDEBI yang di komandoi oleh Dr Asfi Manzilati, SE., ME  bisa menyusun kurikulum dengan berbagai kelengkapannya seperti buku referensi utama di masing-masing matakuliah yang ditawarkan, untuk meningkatkan kesiapan berbagai universitas untuk menyediakan prodi dan konsentrasi ekonomi Islam. Target ini harapannya tercapai pada pertemuan silaturahmi Fordebi tahun 2012 di Jambi.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: